Ringkasan Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Profil/Kompetensi Lulusan Program Studi Ilmu Politik

Kompetensi Utama Lulusan Kompetensi utama lulusan Program Studi Ilmu Politik adalah menjadi seorang sarjana Ilmu Politik yang memiliki pemahaman sangat baik terhadap analisa dinamika sosial politik dalam negeri maupun dinamika politik internasioanal dengan merujuk pada teori-teori ilmu politik, seperti:

  1. Fenomena mutakhir yang terkait dengan sistem politik (Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia), Pemikiran Politik (Mata Kuliah Pemikiran Politik Indonesia, Pemikiran Politik Barat), Kekuatan Politik (Mata Kuliah Kekuatan Politik Indonesia), Politik Negara berkembang (Mata Kuliah Politik Negara Berkembang) Politik perkotaan Pedesaan (Mata Kuliah Politik perkotaan dan Pedesaan) dan Aktivitas Pemerintahan (Mata kuliah Ilmu Pemerintahan dan Politik lokal), dinamika sosial (Mata Kuliah Perubahan sosial dan Dinamika politik) Politik kawasan Asia Tenggaram (Mata Kuliah Kekuatan politik Asia Tenggara), Pasifik Selatan (Mata Kuliah Sistem Politik Negara-negara Kawasan Pasifik Selatan);
  2. Kemampuan mengamati, meneliti,menganalisis dan memberi alternative solusi terhadap masalah dan dinamika di bidang Politik (Mata Kuliah Metodologi Penelitian Sosial, Seminar Pilihan Masalah dan Tugas Akhir);
  3. Kemampuan mengidentifikasi peluang Politik, merumuskan ide, dan memanfaatkan market politik menjadi peluang politik yang menguntungkan, berkelanjutan, dan bermanfaat bagi masyarakat (Mata Kuliah Komunikasi Politik, Mata Kuliah Konsensus dan Konflik Politik)
  4. Kemampuan untuk mengeksekusi gagasan peluang politik secara professional (Mata kuliah Pemikiran Politik Kontemporer, Mata Kuliah Komunikasi politik, serta keikutsertaan mahasiswa dalam Organisasi-organisasi Ekstra kampus).
  5. Kemampuan menganalisis dinamika system Politik, merencanakan, memimpin, mengkoordinasi dan mengendalikan organisasi dan aktivitas politik secara baik dalam konteks sosial budaya politik dan ekonomi Indonesia (Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia).
  6. Etika profesional dan akademis yang tinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan aktivitas perpolitikan sebagai perwujudan tanggung jawab social (Mata Kuliah Filsafat dan Etika Politik, Mata Kuliah Ilmu Pemerintahan).

Kompetensi Pendukung Lulusan Kompetensi-kompetensi pendukung yang harus dimiliki lulusan Program Studi Ilmu Politik

  1. Mampu melakukan manajemen ekonomi politik (Mata Kuliah Ekonomi Politik).
  2. Mampu melakukan pelaksanaan operasionalisasi action politik secara manajerial dan fungsional (Mata Kuliah Komunikasi Politik)
  3. Mampu menerapkan pengawasan dan pengendalian fenomena social politik (Mata Kuliah Sosiologi Politik).
  4. Mampu merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan public (Mata Kuliah Kebijakan Publik)

Kompetensi Lainnya Untuk mencapai kompetensi-kompetensi di atas, lulusan perlu dilengkapi dengan kompetensi-kompetensi

  1. Kemampuan manajerial dan organisasi yang baik, mampu bekerja dalam tim serta memiliki jiwa kepemimpinan yang dapat diteladani (Himpunan mahasiswa Jurusan, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas dan Badan Legislatif Mahasiswa Fakultas).
  2. Memiliki pengetahuan, kemampuan dan kebiasaan menggunakan teknologi informasai, mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak untuk mendukung bidang tugas dan aktivitas organisasi dan manajemen secara produktif dan inovatif dalam rangka beradaptasi dengan kebutuhan dan perubahan teknologi yang terus berubah (Mata Kuliah Kewirausahaan).
  3. Mampu berbahasa Inggris yang baik sebagai pendukung daya saing dalam penginisiasi dan pengembangan karier, dan dalam menginisiasi aktivitas/ operasionalisasi politik sendiri dalam konteks politik lokal, nasional dan global (Mata Kuliah Bahasa Inggris)
  4. Mampu menggunakan alat-alat analisis matematika, statistik, dan riset operasi serta metode riset dalam memecahkan masalah-masalah politik dan pemerintahan (Mata Kuliah Ilmu Pengantar Statistik)
  5. Mampu melakukan kajian dan menyusun laporan ilmiah (Mata kuliah Seminar Pilihan masalah);
  6. Berkarya secara kreatif dan inovatif tanpa melanggar hukum (Mata kuliah Sistem Hukum Indonesia dan Hukum Tata Negara).
  7. Kemampuan berkomunikasi secara baik dan mampu mengelola informasi untuk pembuatan keputusan terkait kebijakan publik (Mata Kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi).