(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI ILMU POLITIK FISIP UNDANA DI DESA BAUMATA UTARA DENGAN TEMA PENGUATAN KAPASITAS DEMOKRASI ASLI DESA

Pengabdian masyarakat yang dilakukan Prodi Ilmu Politik  di Desa Baumata Utara Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang NTT mengambil tema Penguatan Kapasitas Demokrasi asli desa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 juni 2024 bertempat di kantor desa Baumata Utara dan diikuti oleh tim dosen ilmu politik ketua Ananias Ryoan  Jacob, angota tim Ricky Humau dan Stefanus Triadmadja, kepala desa bersama seluruh staf di pemerintahan desa Baumata Utara, para tokoh adat,tokoh masyakat,tokoh perempuan dan masyrakat setempat. kegiatan ini dilakukan dalam bentuk diskusi antara dosen ilmu politik dan juga masyarakat Desa Baumata utara tujuan yang ingin dicapai dari pengabdian ini adalah sebagai berikut. Pertama, teridentifikasinya masalah-masalah di tingkat desa terkait partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan desa.

Kedua, Menghidupkan kembali identitas budaya dan hak tradisional masyarakat dan unsur kekerabatan lainnya; melestarikan hak ulayat, tanah ulayat, hutan adat, dan harta dan/atau kekayaan adat lainnya untuk sumber penghidupan warga, kelestarian lingkungan hidup,

Ketiga, hasil jangka panjang yang hendak dicapai dari program ini adalah pemberdayaan masyarakat melalui penguatan kapasitas demokrasi asli desa diharapkan mengembalikan kembali demokrasi desa yang kental dengan sikap toleransi, musyawarah, gotong royong dan partispatif dalam membangun desa.

Keempat, terbentuknya lembaga adat di masyarakat Desa Baumata utara.pengabdian masyarakat di Desa Baumata Utara  yang dilakukan dalam bentuk kelompok diskusi terfokus  secara berkelanjutan antara dosen prodi ilmu politik dan pemerintah desa serta masyarakat di harapkan dapat menyelesaikan persolan-persoalan yang ada di Desa Baumata Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *